Pelatihan Minitab - HMJ T.Industri

Tanggal 27 Agustus 2010 dan 4 September 2010 HMJ T.Industri mengadakan pelatihan Minitab bertempat di lt.5 Gedung C Kampus Kalijudan. Pelatihan kali ini membahas bagaimana cara menggunakan software Minitab dan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Minitab sendiri merupakan software penting bagi mahasiswa TI khususnya mulai semester 3 karena sangat membantu dalam mengerjakan soal-soal Statistik seperti menghitung persamaan regresi, uji hipotesis, dan masih banyak lagi.

Pelatihan hari pertama tanggal 27 Agustus 2010, peserta diajak menghitung mean, median, modus, dan perhitungan dasar statistik lainnya dengan software Minitab. Masing-masing peserta mencoba mengerjakan soal yang sudah disiapkan, beberapa mahasiswa mulai tampak kesulitan. Ko Ivan, sebagai pembicara, mencoba menjelaskan secara detail apa saja langkah-langkah yang dilakukan dalam mengerjakan soal-soal Statistika dengan software Minitab.

Pelatihan hari kedua tanggal 4 September 2010, materi yang disampaikan lebih mendalam sepert bagaimana cara men-generate data, melakukan uji hipotesis, menghitung persamaan regresi dan masih banyak lagi. Para peserta pelatihan tampak serius mencoba menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah "Statistik I" ke dalam software Minitab. Di sela-sela pelatihan, salah seorang peserta sempat berkomentar : "Ternyata mengerjakan soal statistik dengan software Minitab sangat mudah, tinggal imput data langsung keluar. Coba kita dikenalkan software ini sejak sem I tidak perlu susah-susah menghitung"




Tidak ada komentar: