Operational Research Competition




Operational Research merupakan materi perkuliahan ini bagi mahasiswa jurusan teknik industri.  Pada 8-9 Mei 2018 HMJ-TI mengadakan sebuah perlombaan Operational Research Competition  (ORC) yang dilaksanakan di Ruang B105-106, Gedung St. Bartholomeus Lt.1, Kampus Kalijudan UKWMS. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 yang terdiri dari 20 tim. Dimana 1 tim terdiri dari 2 orang mahasiswa. Kegiatan ini dimulai Pk. 15.00 -  Pk.18.00 WIB. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengetahui kemampuan mahasiswa mengenai materi perkuliahan Operational Research dengan nuansa yang berbeda. 


Perlombaan ini dibagi menjadi 3 babak, yaitu Rally Game, cerdas cermat dan final. Hari pertama merupakan babak Rally Game, dan hari kedua merupakan babak cerdas cermat untuk menentukan 5 finalis. Sebelum Rally Game dimulai, pembacaan nomor tim dibacakan oleh panitia, kemudian terdapat tes yang terdiri dari 20 soal tentang mata kuliah Operational Reseach. Dimana nilai tes yang sudah dikerjakan akan diakumulasikan dengan poin Rally Game untuk menentukan 10 tim yang akan masuk kedalam babak berikutnya. Setelah tes selesai, langsung dilanjutkan dengan babak Rally Game dimana terdapat 5 pos yang ditempuh. Namun untuk mendatangi pos tersebut terdapat clue yang diberikan panitia pos mana yang harus didatangi. Disetiap pos, setiap tim akan diberi soal tentang Operational Reseach tentunya, yang poinnya akan diakumulasikan dengan nilai tes. Setelah Rally Game selesai, panitia langsung membacakan tim siapa saja yang masuk kedalam 10 besar dimana babak berikutnya dilakukan pada tanggal 9 Mei 2018.


Pada tanggal 9 Mei, merupakan babak penentuan untuk menentukan 5 tim yang akan dimasukkan kedalam babak final.  10 tim yang sudah lolos di bagi menjadi dua kelompok yaitu A dan B untuk memudahkan dalam penilaian babak cerdas cermat. Panitia akan membacakan soal yang akan diperebutkan, apabila tim tersebut bisa menjawab soal yang telah dibacakan maka tim tersebut akan mendapat poin 100, apabila salah poin akan dikurangi 25 poin. 5 Tim yang mendapatkan poin terbanyak yang akan masuk ke dalam babak final. Untuk menentukan pemenang dari ORC terdapat sesi tes dan cerdas cermat.

Tidak ada komentar: