Kuliah Tamu Jurusan Teknik Kimia UKWMS


“Mengenal Lebih Jauh tentang Zeolit dan Peranannya Sebagai Katalis”

Salah satu fasilitas yang diberikan oleh jurusan teknik kimia UKWMS kepada para mahasiswanya adalah pembekalan ilmu pengetahuan melalui acara kuliah tamu. Kuliah tamu merupakan salah satu acara rutinitas dari jurusan teknik kimia UKWMS yang diselenggarakan sebanyak 2-3 kali pada tiap semester. Pada semester sisipan kali ini, jurusan teknik kimia kembali mengadakan kuliah tamu pada hari Rabu, tanggal 14 Juli 2010.
Pada kuliah tamu kali ini, pihak jurusan teknik kimia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya mengundang pembicara yang merupakan salah satu pakar di bidang katalis, terutama katalis yang berasal dari batuan zeolit yang berasal dari fakultas teknologi industri-jurusan teknik kimia, Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Dr. Ir. Melia Laniwati Gunawan, M.Sc. Pada kesempatannya kali ini, beliau mengungkapkan beberapa hal yang berkaitan dengan zeolit seperti karakteristik sifat-sifatnya, asal pembentukannya, macam-macam zeolit (natural zeolit dan synthesis zeolit), dan juga pemanfaatan zeolit sebagai katalis pada bidang industri yang sangat potensial untuk dikembangkan. Selain mahasiswa jurusan teknik kimia angkatan 2008 dan 2009, para dosen juga ikut diundang untuk mengikuti kuliah tamu yang sangat menarik ini.
Pada akhir acara, ibu Aning Ayucitra, S.T., M.Eng.Sc., selaku sekretaris jurusan dan salah satu dosen jurusan teknik kimia memberikan sedikit cinderamata kepada ibu Melia Laniwati Gunawan. Tak lupa pula, ibu Aning mengucapkan banyak terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan oleh ibu Melia untuk memberikan kuliah tamu. Harapan ke depan kepada para mahasiswa dari pihak jurusan teknik kimia setelah mengikuti kuliah tamu kali ini adalah agar para mahasiswa semakin dapat mengenal dan mengembangkan zeolit sebagai katalis pada industri yang nantinya dapat menjadi salah satu bidang wirausaha yang potensial.





Tidak ada komentar: