Serunya Jadi Jurnalis dalam Sehari


            Jurnalistik ialah suatu proses, teknik dan ilmu pengumpulan, penulisan, penyuntingan dan publikasi berita. Banyak orang yang mengatakan bahwa susah untuk menjadi jurnalis, padahal saat  ini telah tersedia banyak sumber yang bisa dimanfaatkan. Salah satu kesulitan yang biasanya ditemukan ialah lack of words yang mana seseorang tidak tahu apa yang harus ditulis dikarenakan jarang menulis. Untuk mengatasi beragam temuan masalah  ini, LPM Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya mengadakan suatu kegiatan dimana seseorang dapat menjadi seorang jurnalis dalam waktu sehari. Kegiatan ini dinamakan “Pelatihan Jurnalistikyang dilaksanakan pada tanggal 17 September 2016 , dengan mengundang salah seorang dosen Fikom   Ibu Noveina S Dugis sebagai pembicara pada kegiatan Pelatihan Jurnalistik tersebut.
Dalam kegiatan ini, peserta diajarkan bagaimana menjadi seorang jurnalis dalam waktu yang singkat. Dasar-dasar jurnalistik seperti langkah-langkah menulis berita dan fotografi diajarkan pembicara kepada peserta sebagai dasar-dasar jurnalistik. Peserta kemudian langsung terjun lapangan untuk mengaplikasikan apa yang diajarkan oleh pembicara. Peserta harus meliput suatu berita di area yang telah ditentukan dengan mewawancarai narasumber yang ada. Hasil liputan tersebut dibuat dalam suatu karya tulis atau artikel yang berisikan tentang berita dan foto yang diambil. Hasil tersebut kemudian ditunjukkan kepada pembicara agar dapat dikoreksi oleh pembicara. Tujuannya ialah untuk mengetahui kesalahan atau masalah yang dialami peserta dalam membuat karya tulis tersebut sehingga kedepannya peserta dapat lebih berkembang di bidang jurnalistik.
Menurut  salah seorang peserta, di pelatihan jurnalistik ini sangat bermanfaat. “Pelatihan ini dapat membantu kita sebagai mahasiswa bagaimana membuat laporan serta jurnal yang baik sehingga dapat berguna buat masa depan” tutur Lisa, salah seorang mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Dual Degree UKWMS.

Dapat disimpulkan bahwa, masih banyak orang yang menganggap menjadi jurnalis itu sangat sulit karena ketidaktahuan mereka tentang teknik-teknik dasar dalam jurnalistik seperti menulis dan fotografi. Dengan adanya kegiatan “Pelatihan Jurnalistik” yang diadakan oleh LPM-Fakultas Teknik UKWMS ini, mahasiswa-mahasiswa dapat belajar bagaimana menjadi jurnalis yang baik sehingga dapat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada. Akhir kata, “Dum vita est, spes est”, selama masih hidup, masih ada harapan.

Tidak ada komentar: