Keseruan Bermain Industrial Days

                                                                                                                    

Baru-baru ini Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas katolik Widya Mandala Surabaya memiliki beberapa program kerja baru salah satu diantaranya adalah Industrial  Days,dimana kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal  19-20 september 2016 . Industrial Days merupakan permainan simulasi yang membutuhkan kecepatan, kekompakan, serta kerjasama tim dalam menyelesaikan setiap persoalan permasalahan Industri menyeluruh yang diaplikasikan dengan permainan simulasi industri, meningkatkan hubungan keakraban antara angkatan atas dengan angkatan bawah. Kegiatan industrial days terdiri dari 2 babak dimana pada babak pertama rally game dan babak kedua simulasi industri,kegiatan ini terdiri dari 20 tim pada babak pertama dimana satu tim terdiri dari tiga mahasiswa/i dan pada babak kedua hanya tersisa 10 tim. Pada babak pertama berupa rally game yang terdiri dari 10 pos permainan dimana dalam tiap-tiap pos akan dilatih kekompakan serta kerjasama didalam tim tersebut. Pada babak kedua terdapat 10 tim yang maju ke babak final, pada babak kedua para peserta akan dilatih bermain di dalam simulasi industri sebagaimana proses yang sebenarnya di dunia Industri, permainan simulasi industri dimulai dimana satu tim yang terdiri dari tiga orang yang memiliki modal, diharuskan membeli mesin dan menggambarkan empat macam jenis produk yang akan dijual kepada konsumen.

            Permainan simulasi industri dirancang agar para peserta dapat mengerti hal-hal yang yang dipelajari di dunia industri,seperti Inventory (Persediaan) bahan yang tidak boleh terlalu banyak karena akan mengurangi modal, sedangkan Quality Control (Pengendali Kualitas) untuk memeriksa hasil produk apakah sesuai standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau tidak. Menurut Ignasius Yohanes, ketua pelaksana Industrial Days mengatakan tujuan dari acara ini adalah supaya para mahasiwa/i dapat menerapkan ilmu yang didapat dibangku kuliah kedalam sebuah permainan serta menjaga keharmonisan dan kekompakan diantara senior dan junior di Jurusan Teknik Industri UKWMS. Ada beberapa harapan dari Ignas selaku ketua pelaksana Industrial Days untuk acara Industrial Days kedepannya “Harapan kedepannya supaya acara ini bisa diperbanyak permainan rally game dan sebagai persiapan awal  untuk mempersiapkan Industrial Chalange 2016.Salah satu peserta yang menjadi juara satu pada kegiatan tersebut Verawati Hartanto mengatakan bahwa acara yang dilaksanakan seru, melatih kekompakan antar peserta didalam satu tim dan sangat bermanfaat untuk menerapkan ilmu yang di dapat di perkuliahan didalam kegiatan tersebut.
                                                                                                                  
            Industrial days akhirnya berakhir dengan ditentukannya pemenang babak final yang diikuti oleh 10 tim, dengan salah satu indikator penilaian kemenangannya adalah dengan melihat jumlah keuntungan akhir yang diperoleh oleh sebuah tim . Dengan banyaknya sikap antusias dari peserta diharapkan Industrial Days dapat bermanfaat bagi peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.


Tidak ada komentar: