IC 2k16

                     INDUSTRIAL CHALLENGE 2016

Industrial Challenge adalah perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Kegiatan tahunan ini diadakan dibawah naungan Jurusan Teknik Industri Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang bertujuan untuk mempromosikan jurusan. Industrial Challenge terdiri dari 3 babak dimana babak pertama terdiri dari soal matematika dasar, babak kedua Rally Games dan babak ketiga adalah simulasi industri. Ketua pelaksana kegiatan Industrial Challenge kali ini. Adalah Kevin Cornelius, mahasiswa Teknik Industri angkatan 2014. Kepanitiaan kegiatan tahun ini terdiri dari mahasiswa/i angkatan 2014 hingga 2016 dengan total kepanitiaan 99 . Pada tanggal 11 November 2016, Industrial Challenge dilaksanakan dengan total peserta 94 tim dengan tiap-tiap tim terdiri dari 3 siswa-siswi SMA se-kota Surabaya dan sekitarnya. Perlombaan ini dimulai dengan membuka registrasi ulang bagi peserta, setelah selesai registrasi, selanjutnya adalah sesi foto bagi para peserta bersama dengan timnya masing-masing sebagai peserta yang mengikuti Industrial Challenge kali ini.
Sebagai pembuka dari kegiatan ini, ketua panitia dari kegiatan ini yakni Kevin Cornelius dan Ketua Jurusan yaitu bapak Ignatius Joko Mulyono menyampaikan kata sambutan. Babak pertama dimulai dengan mengarahkan peserta ke ruang kelas untuk mengerjakan soal matematika sederhana sebanyak 100 soal selama 60 menit. Setelah waktu yang diberikan telah usai, para peserta diminta untuk kembali ke auditorium untuk menerima pengarahan untuk babak selanjutnya yaitu  rally games. Pada babak ini, peserta diminta untuk mengikuti semua peraturan yang ada dengan cara per mainan pada setiap pos yang sesuai dengan rute yang diberikan ke masing masing tim.
Pada babak kedua ini terdapat 10 pos dimana tiap-tiap pos memiliki aturan-aturan tersendiri untuk dipatuhi tiap-tiap tim. Waktu yang diberikan pada babak kedua ini adalah selama 120 menit. Setelah babak kedua selesai, para peserta diarahkan kembali untuk berkumpul di auditorium untuk istirahat makan siang sembari menunggu pengumuman tim yang lolos ke babak final. Untuk mengisi kekosongan waktu, seluruh panitia mempersembahkan penampilan flash mob. Tim yang berhasil lolos ke babak final sebanyak 18 tim. Pada babak final ini, para peserta diberi pengarahan tentang peraturan mengenai permainan babak final terlebih dahulu. Pada babak final para, peserta diajak lebih mengenal secara lebih mendalam tentang Jurusan Teknik Industri dengan cara bermain simulasi industri(Babak Ketiga). Peserta ditunjuk sebagai pemilik perusahaan, juga dalam simulasi tersebut terdapat konsumen, supplier mesin, serta supplier material yang bisa digunakan oleh peserta untuk membuat sebuah produk dan juga bank sebagai pinjaman modal bila suatu saat modal pada produsen tidak mencukupi.

Cara permainannya yaitu peserta membuat kesepakatan kerja dengan konsumen untuk membuat sebuah produk, para peserta bersama timnya berembuk untuk membuat produk apa yang akan dibuat. Pembuatan produk boleh lebih dari satu buah, tetapi harus dalam bentuk yang sama. Setelah membuat kesepakan dengan konsumen, produsen boleh memesan ke supplier untuk membeli kertas, penggaris, dan gunting yang menjadi modal utama didalam membuat produk, tetapi bila modal awal yang diberikan oleh panitia sebesar Rp.21.000 tidak mencukupi, peserta boleh meminjam ke bank, dengan syarat pengembalian modal ke bank tidak boleh terlambat dari waktu perjanjian, jika tidak akan terkena sanksi yang diberikan oleh pihak bank. Tim yang memiliki harta (keuntungan) tertinggi adalah pemenangnya. Setelah dua jam waktu permainan untuk babak ketiga ini, tim yang keluar sebagai juara adalah tim yang berasal dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya sebagai juara pertama dan kedua,   serta SMA Frateran Surabaya sebagai juara ketiga serta. Masing-masing juara mendapatkan hadiah sejumlah uang tunai, piala, sertifikat dan beasiswa untuk melanjutkan studi di Jurusan Teknik Industri UKWMS. Untuk juara ketiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp.1.000.000, untuk juara kedua mendapatkan uang tunai sebesar Rp.1.500.000, serta untuk juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp.2.000.000. Selain itu, bagi 15 finalis tim yang telah berhasil masuk final tetap mendapatkan piala dan sertifikat. Semoga antusiasme para siswa SMA untuk berpartisipasi dalam Industrial Challenge semakin meningkat dimasa mendatang.
Foto bersama para finalis dan pemenang IC 2k16

Tidak ada komentar: