Seminar Kiat-Kiat Menghadapi Peralihan Dunia Pendidikan dan Pekerjaan

 
      Tanggal 12 Juni 2010, Fakultas Teknik Kimia mengadakan kuliah tamu yang memiliki tema “Kiat-Kiat Menghadapi Peralihan Dunia Pendidikan dan Pekerjaan”. Dimana materi tersebut diberikan oleh Wahyu Pranoto,ST dari Kerry Indregient Penang (Malaysia) Sdn., Bhd. dan Rico Gunawan,ST. dari PT. Smart Surabaya. Mereka berdua merupakan alumni Teknik Kimia angkatan 2004.
      Pada kesempatan tersebut dijelaskan bagaimana cara untuk menghadapi dunia kerja yang akan menyongsong para mahasiswa setelah lulus nanti. Selain atmosfer yang berbeda, dunia kerja akan penuh dengan persaingan. Maka dari itu, kedua alumni tersebut memberikan kiat-kiat yang dapat membimbing adik kelasnya.
    
    Hal pertama yang harus dilakukan saat memulai dunia kerja adalah melamar pekerjaan. Tahap-tahap yang harus dilalui antara lain psikologi test, interview dan penawaran gaji. Setelah ketiga hal tersebut dapat dilewati dengan baik dan diterima dalam suatu perusahaan, dimulailah dunia kerja yang sesungguhnya.
      
Untuk mendapatkan gaji sesuai dengan apa yang kita harapkan kita harus bekerja dengan baik dan membangun relasi yang baik, baik itu antar karyawan dan juga dengan atasan.
      Pada intinya, bagaimana cara untuk membuat kita bernilai saat bekerja adalha dengan mengatur pola pikir kita sesuai dengan tujuan awal kita, punya persiapan yang matang, kepercayaan diri, kemampuan untuk beradaptasi dalam menghadapi lingkungan baru, dan yang terakhir terus belajar dan tak pernah takut untuk mempraktekannya.
      Dalam seminar yang dimulai pada pukul 09.00 ini berlangsung selama 2 jam, kegiatan berlangsung secara antusias di mana para mahasiswa yang hadir ikut serta memberikan pertanyaan dan berdiskusi dalam kuliah tamu ini. Kuliah tamu ini dihadiri oleh 37 orang mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2006-2009. Dihadiri pula oleh Kepala Jurusan Teknik Kimia yaitu Ibu Felycia Edi Soetardjo, ST., M.Phil. serta salah satu dosen Teknik Kimia yaitu Ir. Suryadi Ismadji, Ph.D.(chnore)





Tidak ada komentar: