Pelatihan Robot HMJ TE

Pelatihan Robot HMJ TE

Pada tanggal 8 dan 9 November 2013, HMJ Teknik Elektro mengadakan pelatihan robot untuk keluarga baru teknik elektro, yaitu mahasiswa angkatan 2013. Para peserta difasilitasi dengan mahasiswa pendamping dari HMJ-TE untuk setiap kelompok yang telah dibentuk, yang bertugas untuk membantu kelompok tersebut dalam proses pembuatan. Pelatihan yang diadakan terdiri atas dua macam yaitu :
  1. Pelatihan Robot Soccer
  2.  Pelatihan Robot Line Tracer Analog

Robot soccer merupakan robot sederhana yang digerakkan oleh sebuah controller mini. Dalam pembuatan robot soccer ini diajarkan cara untuk dapat membaca schematic yang ada pada gambar. Peserta juga diajarkan bagaimana memakai peralatan seperti solder, penghisap timah, dll  dengan benar. Pelatihan robot soccer ini dikategorikan dalam pelatihan dasar, dan terlihat para peserta tidak mengalami kesulitan dalam pembuatan robot pertama. Pelatihan ini dilanjutkan dengan pelatihan kedua, yaitu pembuatan robot line tracer analog. Robot ini dibuat dan dirancang untuk dapat digerakkan secara otomatis menggunakan sensor yang membaca garis lintasan pada arena, sehingga robot dapat bergerak sesuai bentuk lintasan yang dibuat. Dalam pelatihan ini peserta diajarkan beberapa hal diantaranya :
  1. Menggambar schematic.
  2. Membuat PCB untuk robot.
  3. Mengenal komponen dasar elektronika (resistor,led,photodioda,dll).
  4. Merangkai komponen robot.
  5. Merancang body robot.
  6. Menjalankan robot line tracer yang sudah dibuat.


Tujuan utama dari pelatihan robot ini adalah agarr peserta dapat mengikuti lomba line robot internal yang diadakan oleh HMJ-TE yang dapat diikuti oleh seluruh angkatan, dengan sedikit memodifikasi robot yang sudah dibuat saat menerima pelatihan sebelumnya.

Tidak ada komentar: