Immersion Program DLSU-D


Immersion Program DLSU-D



Pada tanggal 26 Oktober 2013 pukul 21.00 WIB, Unika Widya Mandala Surabaya (WM) kedatangan tamu istimewa dari De La Salle University Dasmarinas (DLSU-D) Philippines yang terdiri dari 2 dosen dan 14 mahasiswa. Hal ini sudah menjadi acara tahunan untuk WM kedatangan tamu dari (DLSUD) karena terjalin kerja sama yang baik. Dengan senang hati beberapa perwakilan dari tiap fakultas ikut menjemput dan menyambut di Bandara Juanda. Kegiatan berlanjut untuk mengantar mereka ke penginapan Kassanda.

            Acara berlanjut keesokan harinya di Kampus Dinoyo, setiap mahasiswa DLSU-D diberi Counter Part (pendamping). Mahasiswa Fakultas Teknik ,Cindy Wilapa, menjadi Counter part Dominic. Para pendamping membuat welcome greeting di Kampus Dinoyo. Mereka disambut di Gedung Benekditus oleh Bapak Kuncoro selaku Rektor WM. Dilanjutkan presentasi tentang Building Tolerant. Selain itu, delegan DLSU-D disambut dengan Tari Topeng khas Indonesia dan selanjutnya misa. Delegasi DLSU-D yang berkunjung ke Kampus WM Kalijudan adalah :
  • Dominic  Viene P. Tavara Electrical Engineering
  • Ena Abegail B. Gabog Computer Science
  • Emily t. Domdom Electronics Engineering
  • Mark Jayson G. Domingo Secondary Education
  • Royce A. Salva Elementary Education

Selain diajak berkeliling, mereka mempresentasikan beberapa hal yang berkalitan dengan tema  Building A Tolerant Character In A Globalized Nation. Beberapa mahasiswa dari WM Kalijudan yang turut serta dalam presentasi adalah Bintang, George, Alfon, Fungling, Astra, dan Klara. Mereka presentasi mengenai keseharian dan aktivitas mereka, juga presentasi tentang Building A Tolerant Character In A Globalized Nation. Pada malamnya, mereka diajak untuk makan malam di Taman Bungkul dan berlanjut jalan-jalan di Tunjungan Plaza.

            Keesokan harinya meraka di ajak berkunjung ke hutan Mangrove. Setelah itu, mereka berkunjung ke SMA Stella Maris dan berlanjut ke ampus Pakuwon dimana mereka disambut acara play for peace, sebuah game keakraban. Hari itu mereka didampingi oleh George Kevin, Cynthia Wijaya, Adrian, Irvan, Calvin, Alfon dan Mimi. Pada malam harinya peserta diajak ke Gunung Bromo, didampingi 2 mahasiswa Fakultas Teknik yaitu Melani Novita Effendi dan Cindy Wilapa. Dari Bromo, dalam rangka membangun toleransi antar sesama, mereka diajak ke Pesantren Nurul Jadip.

            Pada tanggal 29 Otober 2013, delegasi DLSU-D berkunjung ke Sunan Ampel dan ke Graha Pena. DI Graha Pena dijelaskan tentang surat kabar Jawa Pos, dan mendapat kesempatan bertemu dengan anak dari Dahlan Iskan. Acara terakhir adalah berbelanja suvenir di Mirota.

            Pada hari terakhir, delegasi DLSU-D diajak ke Pura Agung Jagat Karana untuk mendengarkan sejarah, dan kepercayaan-kepercayaan di sana. Mereka juga berkunjung ke House of Sampoerna melihat karyawan Sampoerna melinting rokok secara manual. Setelah itu mereka diajak untuk kembali ke Kampus Dinoyo untuk mengikuti acara Student Organization Meeting, dan Farewell Party pada malam harinya. Saat farewell party, delegasi DLSU-D dihibur oleh beragam penampilan dari UKM, disco party, dll.

            Sungguh pengalaman yang menyenangkan dengan kedatangan tamu dari DLSU-D ini. Ada cerita baru, pengalaman baru, dan yang pasti sahabat baru, untuk tahun 2014 mendatang, akan ada mahasiswa/i dari WM yang dikirim ke  Filipina.


Berikut momen yang telah diabadikan :

















Tidak ada komentar: