Kejarlah Mimpimu, Raih Prestasimu



Bulan Maret kemarin, salah satu mahasiswa Teknik Kimia kembali mengukir prestasi sebagai Mahasiswa Berprestasi 2013 di tingkat Universitas yaitu Chintya Effendy mahasiswa jurusan Teknik Kimia angkatan 2009.  Tujuan pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini adalah untuk mencari mahasiswa yang benar-benar memiliki prestasi yang bagus terutama di bidang akademik yang nantinya akan memperebutkan gelar sebagai Mahasiswa Berprestasi di tingkat Kopertis.

            Pemilihan ini dilihat prestasi selama empat tahun kuliah yang diawali dengan proses seleksi. Pada proses seleksi ini, para calon mengirimkan CV dan makalah mereka. Kemudian beberapa hari kemudian bagi yang terpilih akan mempresentasikan makalah yang mereka tulis. Yang menjadi juri pada pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini yaitu Bapak Rektor Unika Widya Mandala, Bapak Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., dan dua dosen lain yang berasal  dari Fakultas Psikologi dan Fakultas Pertanian. Pada pemilihan ini, penilaian yang dinilai meliputi skill dalam berbahasa Inggris, sikap dan cara mempresentasikan makalah, cara menjawab pertanyaan dari para juri, dan tentu saja IPK.
Dengan memprestasikan makalah yang berjudul “Potensi Tongkol Jagung Sebagai Bahan Baku Pembuatan Bio-Oil Untuk Bahan Bakan Pesawat Terbang (Jet Fuel)”, Chintya berhasil meraih juara pertama sebagai Mahasiswa Berprestasi 2013 tingkat Universitas. Juara kedua diraih oleh Christina Kurniawan mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 2010, juara ketiga diraih oleh Farrel Gunawan mahasiswa jurusan Teknik Kimia angkatan 2010, dan juara harapan diraih oleh Richard Wang mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 2009.
Awalnya Chinthya tidak menyangka bahwa dirinya terpilih sebagai juara I Mahasiswa Berprestasi 2013 karena saingannya cukup bagus juga. Chinthya pun berharap agar prestasi ini bisa menjadi prestasi yang bergilir untuk jurusan Teknik Kimia. Selain itu, Chintya juga berharap agar Fakultas Teknik semakin maju dan untuk semua mahasiswa Fakultas Teknik, Chintya juga berpesan untuk mengejar selalu mimpimu. (NH)

Tidak ada komentar: