TEKNIK KIMIA UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA RAIH JUARA SATU DI PPRI KE-11



Pada bulan September 2012 LIPI bekerja sama dengan AJB (Asuransi Jiwa Bersama) Bumi Putera mengadakan lomba Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-11. Ada tiga bidang lomba yang diadakan, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT). Dari 10 tim mahasiswa Teknik Kimia Unika Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang mengirimkan proposa hanya 2 tim saja yang masuk final. Tim pertama yaitu Yovita Djojorahardjo, Cynthia Widjaja dan Anita Carolina Suwandi serta tim kedua yaitu Farrel Gunawan, Iwan Gunawan dan Reinard Dona Tiono.

Tim pertama mengajukan judul “Eceng Gondok sebagai Alternatif Pengganti Bahan Bakar Fosil” dan  kelompok kedua mengajukan judul Teknik Ekstraksi Zat Antikanker Buah Leunca (S. nigrum) dengan Fluida Superkritis Karbondioksida untuk Produk Kosmetika sebagai Aditif Tabir Surya Alami”. Kedua tim ini dibimbing oleh Bapak Suryadi Ismadji.
Babak final diselenggarakan di Widya Graha LIPI, Jakarta Selatan pada tanggal 25 September 2012. Setiap kelompok diwajibkan mempresentasikan setiap judul yang mereka ajukan di depan juri. Yang terdiri dari Dr. Anto Tri Sugiarto, M.Eng. , Prof. Perdamean, dan Ariadne L. Juwono, M.Eng., Ph.D.
Akhirnya diumumkan bahwa tim kedua dari UKWMS meraih juara pertama, sedangkan tim pertama belum menjadi juara. Walaupun tim pertama belum menjadi juara, mereka sudah membanggakan UKWMS karena berhasil masuk ke babak final.
Selamat untuk Farrel Gunawan, Iwan Gunawan dan Reinard Dona Tiono yang berhasil menjuarai lomba PPRI tahun ini sedangkan untuk Yovita Djojorahardjo, Cynthia Widjaja dan Anita Carolina Suwandi redaksi berpesan agar jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan di tahun depan. Bagi mahasiswa Teknik Kimia yang lain mari kita aktif dalam mengikuti perlombaan yang diselenggarakan baik di tingkat kota, nasional, maupun internasional dan mengaharumkan nama baik UKWMS, khususnya Jurusan Teknik Kimia. (MC)

Tidak ada komentar: