Masa Orientasi Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya


            Di setiap universitas pasti dikenal yang dinamakan dengan Pekan Pengenalan Kampus (PPK) kepada mahasiswa barunya. Di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), tepatnya di Fakultas Teknik, PPK dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 30 Juli - 1 Agustus 2012.
            Senin 30 Juli  merupakan hari pertama PPK. Acara pada pagi hari diawali oleh doa oleh para mahasiswa pendamping (maping). Setelah sejenak berdoa, kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dekan yaitu Ir. Yohanes Sudaryanto, MT yang juga menyematkan secara simbolis kartu nama PPK kepada dua orang wakil mahasiswa baru (maba). Kemudian saatnya para maba diberikan sedikit pemanasan untuk saling berkenalan dan mengetahui sedikit tentang informasi kampus. Seluruh maba dibagi menjadi 6  kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari mahasiswa 3 jurusan (Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Industri) untuk melakukan rally dan mendengarkan informasi penting mengenai universitas dan fakultas. Pada sesi ini kegiatan dibuat berbeda dari sebelumnya, yaitu dengan memecah menjadi 3 pos. Di masing – masing pos tersebut setiap kelompok wajib mengerjakan tugas – tugas yang diberikan oleh maping. Di Pos I maba diberikan soal - soal tentang Visi-Misi-Nilai Universitas dan Fakultas, Pos II tentang Peluang Pengembangan Karir, Pos III tentang Keunggulan Fakultas dan Jurusan.
            Setelah acara rally berakhir kemudian dilanjutkan dengan acara latihan  menyanyi Mars dan Hymne UKWMS yang dipimpin oleh salah satu petugas dari universitas. Acara ini berlangsung dengan khusyuk hingga acara berakhir. Kemudian para calon maba mendengarkan sedikit kesimpulan dari para dosen pembimbing (doping) tiap-tiap jurusan. Matahari sudah berapa di atas kepala berarti menunjukan bahwa acara pada hari pertama PPK telah berakhir dan maba diperbolehkan untuk meninggalkan kampus.
            Selasa 31 Juli adalah hari kedua dalam PPK. Seperti hari pertama, acara dibuka dengan doa. Setelah itu acara diteruskan dengan menyanyikan Mars dan Hymne UKWMS. Sebelum melanjutkan ke acara selanjutnya, para maba diberikan refleksi materi untuk menuliskan pengalaman mereka di hari pertama PPK. Selesai melakukan refleksi, acara dilanjutkan dengan mendengarkan penjelasan oleh Dekan Fakultas Teknik mengenai Struktur dan Personalia Tingkat Universitas Fakultas-Jurusan. Pada kesempatan tersebut, Dekan juga memperkenalkan seluruh dosen dan karyawan Fakultas Teknik. Setelah perkenalan selesai, petugas dari Universitas memberi penjelasan mengenai sistem pembayaran uang semesteran, serta bagi maba yang belum memiliki rekening di Bank Mandiri diberi waktu untuk mengisi form aplikasi Bank Mandiri.
Acara selanjutnya adalah pemberian penjelasan mengenai Peraturan Keuangan dan Peraturan Akademik yang diberikan oleh Sekretaris Fakultas Teknik. Setelah penjelasan selesai maba diajak berkeliling memutari kampus untuk mengetahui bagian-bagian tempat dalam kampus, seperti laboratorium, kantin, perpustakaan, dll. Saat di perpustakaan maba diberi penjelasan mengenai peraturan – peraturan yang ada di perpustakaan serta mencari textbook di katalog dan di rak dengan soal yang telah ditentukan oleh doping. Setelah itu para maba kembali ke dalam kelas untuk mendengarkan kesimpulan yang dipimpin oleh para dosen tiap-tiap jurusan di kelas masing-masing. Kemudian acara makan siang tiba. Para maba terlihat sangat lelah tetapi para maba masih mempunyai semangat yang tinggi dan antusias yang sangat besar untuk mengikuti acara kegiatan PPK hingga selesai. Setelah selesai makan siang, acara selanjutnya yaitu pengenalan terhadap komunitas dan suasana akademik di kampus yang diberikan oleh Wakil Rektor II. Waktu telah menunjukan pukul 15.00, berarti waktunya para maba diperbolehkan untuk pulang dan beristirahat karena esok harinya masih merupakan hari PPK terakhir.
Rabu 1 Agustus adalah hari terakhir acara PPK. Seperti  sebelumnya acara dimulai dengan berdoa dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars dan Hymne WM. Kemudian acara dilanjutkan dengan memperkenalkan ORMAWA Fakultas Teknik yang dipimpin oleh Ibu Diana Lestariningsih, ST. MT. selaku pendamping mahasiswa. Disini maba dapat mengetahui kegiatan-kegiatan yang ada di UKWMS yang dapat memberikan pengalaman yang berkesan selama kuliah. Setelah itu seluruh maba dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan rally. Seperti pada hari I, kegiatan ini dibagi menjadi 3 pos. Di masing – masing pos tersebut setiap kelompok wajib mengerjakan tugas – tugas yang diberikan oleh maping. Pada Pos I maba diberi penjelasan tentang peluang pengembangan soft skills dan di sela-selanya diberikan permainan yang dinamakan “pantomime”. Pos II tentang kebijakan pengembangan organisasi kemahasiswaan. Di pos ini juga dilakukan permainan yang dinamakan “share to care”. Pos III tentang kebijakan pengembangan kemahasiswaan. Di pos ini juga dilakukan permainan  yang dinamakan “pelabuhan”. Setelah mengikuti acara tersebut, mereka kembali ke kelas masing-masing yang telah ditentukan oleh para maping untuk mendengarkan kesimpulan dari masing-masing dosen setiap jurusan. Setelah itu acara PPK  ditutup dengan pengumuman dan doa. (ANP)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kakak2 LPm, sekedar masukan saja. blognya sudah bagus, tapi agak terganggu dengan backsong. setiap kali buka page baru selalu muncul bakcsong. apa tidak sebaiknya backsong tidak perlu disertakan di dalam blog ini ? cuma sekedar saran saja :D GBU :D

LPM FT UKWMS mengatakan...

Terima kasih atas saran nya..
Saran dari teman - teman sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog LPM-FT.