Masa Depan Masanya LTE?

Masa Depan Masanya LTE?


 
Menara LTE 4G

VIVAnews - Menurut firma analis Juniper Research, pada tahun 2015 mendatang, netbook dan tablet komputer yang dilengkapi dengan teknologi generasi keempat Long Term Evolution (LTE) akan menguasai 20 persen pasar.

Adapun aplikasi yang kemungkinan akan banyak memanfaatkan LTE adalah video streaming dan gaming online. Juniper yakin bahwa keduanya sesuai dengan kegunaan produk-produk tersebut dan akan terbantu dengan kemampuan penghantaran data berkecepatan tinggi.

“Menurut kami, operator akan bersemangat untuk menerapkan konektivitas broadband nirkabel dalam berbagai produk. Ini langkah yang perlu diambil untuk menghadapi penurunan dari average revenue per user (ARPU),” kata Howard Wilcox, Senior Analyst Juniper, seperti dikutip dari The Inquirer, 24 September 2010.

Sebagai gambaran, menurut Wilcox, 20 persen penerapan LTE pada perangkat bergerak oleh operator bukanlah karena pengguna benar-benar membutuhkan LTE. “LTE dipakai karena semakin tinggi bandwidth, semakin banyak pengguna memakai data dan semakin banyak pula pendapatan yang diraih penyedia layanan,” sebut Wilcox.

Akan tetapi, Wilcox memperkirakan, maraknya produk LTE di tahun 2015 mendatang tidaklah hadir dengan mulus. “Masih banyak hambatan yang perlu diatasi sebelum LTE benar-benar menjadi lompatan besar dari sisi konektivitas bagi pengguna,” sebut Wilcox.



1 komentar:

It's Perfect mengatakan...

Teknologi memang akan selalu berkembang... Viva Fakultas Teknik!