Pelatihan Orchad


            Pada bulan September, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJ TE) Fakultas Teknik UKWMS mengadakan pelatihan orchad khusus untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama empat hari yaitu hari Kamis dan Jumat tanggal 4-5 September 2014 dilanjutkan tanggal 11-12 September 2014, dan pemateri adalah mahasiswa semester 5 yang menguasai program orchad dengan baik. Orchad adalah adalah salah satu nama program yang digunakan untuk membuat skematik rangkaian dan melayout PCB (Printed Circuit Board). PCB ini digunakan untuk menyambung rangkaian. Pelatihan ini rutin diadakan setiap tahunnya dan ditujukan bagi mahasiswa baru. Dalam pelatihan ini, mahasiswa baru juga diajak untuk membuat sensor cahaya.
Hari pertama pelatihan peserta diajak untuk membuat skematik sebuah rangkaian yang sudah disediakan dari panitia. Hari kedua peserta melayout skematik yang telah mereka buat pada hari sebelumnya. Hari ketiga peserta diajak untuk ‘mengeceng’ dan melubangi rangkaian yang telah mereka buat serta menyetrika. Maksudnya adalah untuk menempelkan layout yang telah diprint di kertas mika ke PCB. Ketika tinta sudah menempel sempurna, mereka ‘mengeceng’ (dengan menggunakan ferit chloride) PCB tersebut untuk menghilangkan tembaga pada PCB. Setelah semua tembaga (selain yang bertinta) telah hilang, mereka membersihkan tinta menggunakan thinner sehingga hanya tersisa tembaga pada PCB tersebut. Hari keempat mereka memasang seluruh komponen pada PCB yang sudah mereka buat kemarin.
            Walaupun pelatihan ini dibilang kurang persiapan, tapi pelatihan dapat berjalan dengan lancar. Kevin Julian sebagai Ketua Pelaksana Pelatihan Orchad tahun 2014 berpesan ,“Untuk KP orchad tahun depan diharapkan dapat mengatur jam pelatihan dengan lebih baik, karena pelatihan ini setiap harinya membutuhkan waktu yang lama dan kalau bisa sensor yang dibuat lebih extreme lagi”. (red)



Tidak ada komentar: