Rapat Kerja (Raker) Ormawa Fakultas Teknik Periode 2010-2011


Raker ormawa merupakan suatu acara tahunan yang diselenggarakan oleh fakultas teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang bertujuan untuk menyusun dan membahas program-program kerja yang direncanakan oleh setiap organisasi mahasiswa (ormawa) yang bernaung di tingkat fakultas. Acara tahunan ini diselenggarakan selama 3 hari 2 malam, tertanggal mulai dari 4 sampai 6 Juni 2010 yang bertempat di Griya Samadhi Vincentius (GSV), Prigen, Jawa Timur.

Raker ormawa ini diikuti oleh 6 organisasi kemahasiswaan yang terdiri atas Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang masing-masing berasal dari jurusan teknik kimia (HMJ-TK), jurusan teknik elektro (HMJ-TE), dan jurusan teknik industri (HMJ-TI). Setiap organisasi kemahasiswaan tersebut wajib diwakili oleh seorang mahasiswa yang menjabat sebagai calon ketua dan beberapa mahasiswa yang menjabat sebagai calon anggota. Selain acara ini dihadiri oleh mahasiswa, beberapa dosen fakultas teknik yang menjabat sebagai pimpinan fakultas dan pimpinan dari tiap jurusan, tim panitia dan juga tim formatur juga ikut hadir dalam acara ini.

Konsep dari keseluruhan rangkaian acara raker ormawa yang telah diselenggarakan didasarkan pada konsep acara sidang, di mana para peserta sidang diharapkan dapat berdiskusi kelompok dan melakukan presentasi secara formal berkaitan dengan program kerja yang mereka usulkan. Acara presentasi dilakukan di hadapan para peserta sidang dan juga para formatur yang anggotanya berasal dari ketua-ketua ormawa yang menjabat pada periode sebelumnya.
Tujuan dari raker ormawa ini semata-mata bukan hanya membahas mengenai program-program kerja yang diusulkan dari masing-masing ormawa yang berpartisipasi, melainkan hal lain yang lebih penting adalah untuk melatih soft skill mahasiswa untuk mampu berbicara di hadapan umum dengan etika atau tata cara yang benar, dan juga untuk mendidik mahasiswa menjadi problem solver apabila dihadapkan pada suatu masalah berkaitan dengan penyusunan suatu program kerja dengan anggaran dana yang terbatas.
Harapan mahasiswa peserta raker ormawa kepada pihak fakultas, jurusan, dan juga tim panitia adalah agar dapat semakin meningkatkan kinerjanya untuk periode mendatang sehingga acara raker ormawa ini dapat menjadi suatu wahana khusus yang memberikan kontribusi dan pengalaman tak ternilai bagi para pesertanya untuk menghadapi masa depan mereka.


Tidak ada komentar: